cara menurunkan berat badan, cara diet sehat, cara mengecilkan perut, cara mengecilkan paha, radang tenggorokan

Google Panda VS Google Penguin

Google Panda VS Google Penguin
Dear Blogger, informasi terbaru mas ali berhubungan dengan munculnya algoritma baru setelah Google Panda yaitu Google Penguin. Mas ali mengetahui Google Penguin ini awalnya dari baca status kang rahman di Facebooknya yang mengeluh karena bisnis di websitenya ambruk. Dan Inilah yang bakal banyak didengar oleh para pebisnis online di tahun 2012 ini. Semenjak tahun lalu, Google memulai memberikan nama pada algoritma mesin pencarinya. Kalau tahun lalu kode tersebut lebih dikenal dengan sebutan ‘Panda’, maka kali ini hari Selasa, 24 April 2012 kemarin munculah nama algoritma yang baru yaitu ‘Google Penguin’.

Awal lahirnya sang ‘Panda’ dan ‘Penguin’
Google pada dasarnya terus melakukan update algoritmanya untuk menghasilkan hasil pencarian yang berkualitas. Nama ‘Panda’ yang digunakan pada tahun 2011 sebenarnya nama yang diambil dari salah satu engineer google yang berperan pada update algoritma saat itu. Penamaan ini sebenarnya mempunyai sejarah sendiri karena pada dasarnya google tidak pernah memberikan penamaan pada algoritma mereka sebelumnya.
Setiap kali ada pembaharuan algoritma para internet marketer menyebutnya Mayday update seperti bisa kita lihat di http://searchengineland.com/google-confirms-mayday-update-impacts-long-tail-traffic-43054.
Namun tahun di 2011 perubahan algoritma yang cukup signifikan untuk berperang terhadap situs dengan kualitas isi yang tidak bagus membuat komunitas online  memberikan nama ‘Farmer’. Namun nama yang diberikan kurang enak di telinga google sehingga dipilihlah nama Panda kepada publik.
Setelah nama Panda, setiap kali google melakukan update, orang akan menyebutnya Panda Update walau google tidak pernah memberikan nama setelah itu. Contohnya pada awal tahun 2012, google ‘menghukum’ situs yang terlalu dipenuhi iklan. Pada blog official google, mereka menyebutnya “page layout algorithm” , pada masa ini banyak sekali sahabat yang menggunakan adsense cukup menderita karena blokir masal yang dilakukan google.
24 April 2012, terjadilah update lagi, kali ini sebenarnya google menamainya ‘web spam algorithm, namun karena dampaknya cukup signifikan karena secara tidak langsung turut menumbangkan situs-situs top 10 yang sudah berada cukup lama disana, akhirnya pergunjingan ini menjadi topic hangat di situs Search Engine Land dan komunitas melakukan voting untuk menamai algoritma yang cukup signifikan ini, muncullan nama “Titanic” sebagai kandidat terkuat. Namun tidak lama setelah itu akhirnya google mengumumkan nama untuk algorima ini ‘Penguin’.

Apakah Google Penguin mengakhiri Google Panda ?

Belum ada pernyataan jelas, namun diyakini bahwa Panda akan tetap ada dan berfokus pada isi situs berkualitas rendah dan Pinguin akan berfokus pada web spam.

Google Penguin..  quack quack !

Jadi sekarang, Algoritma penguin telah dijalankan dan hasilnya tentu ada yang pro-kontra. Yang kontra tentu saja yang terkena dampak pinalti. Kita bisa lihat dari komentar pada blog resmi google disini, tidak sedikit dari para pebisnis online yang marah akibat algorimta terbaru ini dan mulai mengancam akan berpindah ke Yahoo dan Bing. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa situs yang kami tangani mendapat kenaikan yang signifikan (thanks to penguin).

Hallo Penguin.. saya tidak bersalah !

Sepertinya ‘jeritan’ para pebisnis online yang sudah berusaha menghasilkan situs dengan isi yang berkualitas namun tetap mendapat dampak negatif didengar oleh Matt Cutts, Kepala WebSpam dan juga Google Engineer.
Bahkan pertanggal 26 April 2012, dalam akun twitternya, Matt Cutts berkicau:
“If you know a site affected by algo update that you don’t think should be affected, we made a form to provide feedback: http://goo.gl/nt3Pz
Dalam form yang diberikan tersebut, disebutkan: “If your site was affected by the “Penguin” webspam algorithm update on April 24th, 2012, and you don’t think it should have been affected, please give us more details below.”
Jadi buat para pembaca yang yakin situsnya bersih namun “terpatuk”  oleh sang penguin masih ada harapan, ayo isi form tersebut.
Google Penguin Form

Mari bersahabat dengan sang penguin

Dalam perbindangan di google webmaster forum, Engineer google akhirnya membocorkan bagaimana cara agar situs anda bersahabat dengan penguin:
  1. Hindari teks dan link tersembunyi
  2. Jangan menggunakan redirect tersembunyi
  3. Jangan menggunakan pencarian otomatis ke google
  4. Jangan tampilkan halaman dengan kata kunci yang tidak relevan
  5. Jangan membuat banyak halaman, sub domain, dan domain dengan konten yang di duplikasi
  6. Jangan membuat halaman dengan script yang membahayakan (phising, Trojan, badware)
  7. Hindari penggunaan halaman yang di khususkan untuk bot google atau menaruh cookie untuk program affiliasi dengan konten yang buruk
  8. Jika anda mengikuti program afiliasi, pastikan situs anda memberikan nilai lebih dengan isi yang unik dan relevan.
Selain 8 poin yang ditekankan diatas, masih ada 4 poin mendasar yang diberikan google:
  1. Buatlah halaman untuk pengunjung, jangan untuk mesin pencari.
  2. Jangan gunakan trik untuk menaikkan rangking situs
  3. Jangan berpartisipasi pada skema link yang didesain untuk menaikkan rangking atau PageRank. Jauhi halaman yang jelas digunakan untuk spam.
  4. Jangan gunakan program komputer untuk check rangking dan membuat halaman di web. Program  tersebut membuang resource google dan melanggar TOS (Term of Service / Ketentuan layanan google)
Tidak menggunakan software untuk submit dan check peringkat… sepertinya ini sulit diterapkan oleh para konsultan jasa seo dan internet marketer (apalagi peternak blog) yang memiliki situs lebih dari satu.

Apakah Google Penguin sudah  akurat menghasilkan hasil yang berkualitas ?

Dari apa yang saya cermati, sepertinya hasil yang diberikan oleh penguin masih belum sempurna, inilah bukti yang saya dapatkan:
Contoh Kasus 1:
Tiket Pesawat Murah
Pencarian ‘tiket pesawat murah’ merupakan hot market, karena bisnis ini banyak dilakukan dari level korporasi hingga perorangan, anda bisa melihat ‘pertarungan’ kata kunci ini melalui tips seo disini
Situs yang sedang kami maintain ezytravel.co.id untuk kata kunci ‘tiket pesawat murah’ kali ini kalah secara rangking dari situs dengan alamat di http://tiket.pesawat.co.id
Kalah secara rangking tidak membuat kami menggerutu, namun yang menarik adalah bila anda mengunjungi situs ini:
Tiket Pesawat CO id
Wah.. situs dengan ‘halo dunia’ mengalahkan banyak situs di kata kunci yang kompetitif !
Contoh Kasus 2:
Jasa Seo Dukun
Pencarian ‘jasa seo’ merupakan pertarungan antara penyedia jasa seo, bahkan kami memiliki jurnal sendiri tentang pengalaman kami mendapatkan top 10 pada kata kunci ‘jasa seo’.
Namun setelah Algo penguin dilakukan, hal yang menarik terjadi. Situs ini dikalahkan secara rangking oleh situs http://dukunseo.com
Apakah ini menggunakan perdukunan dengan ajian tingkat tinggi, namun yang menarik saat kami analisa situs ini:
jasa seo dukun
Apa yang terjadi dengan keyword density,header tags ?  intinya saat ini di ‘mata’ algo penguin situs ini lebih baik dari situs tersebut.
Masih banyak contoh kasus lain, bahkan di forum seo luar, untuk kata kunci yang sangat hot market namun hasilnya adalah situs yang konten tidak berkualitas isinya bahkan nihil !

Kesimpulannya…

Memang kita berharap google update terus memberikan hasil yang baik karena kami yakin maksud dari google adalah baik. Namun sepertinya  hasilnya belum seperti yang diharapkan, nampaknya cepat atau lambat kita harus mempersiapkan diri untuk  update Google Penguin yang akan datang.
Quack Quack ! begitulah suara Google Penguin... hahaha
Sumber : konsultanseoindonesia



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Google Panda VS Google Penguin

0 comments:

Posting Komentar