cara menurunkan berat badan, cara diet sehat, cara mengecilkan perut, cara mengecilkan paha, radang tenggorokan

Dampak Negatif Sosial Media

Perkembangan dunia maya pada abad 21 ini talah banyak merubah banyak aspek dalam tatanan sosial, yang sangat dipermasalahkan adalah tentang perubahan derastis pola pikir manusia. Coba kita amati kehidupan kita sehari-hari dengan gedget yang seharusnya menjadi fasilitas penunjang aktivitas kini beralih fungsi menjadi aktivitas penunjang fasilitas. Kenapa saya katakan demikian? Karena saat kita terbangun dari tudur hingga tidur kembali tentu ada alokasi waktu yang relatif banyak untuk kita menggunakan sosial media. Inilah yang disebut kecanduan sosial media akibat adanya penggunaan yang terlalu bebas.

Dampak Negatif Sosial Media

Sebuah penelitian oleh University of Chicago Booth School of Bussiness yang melibatkan 250 responden menyatakan bahwa kebiasaan menggunakan dan mengungkapkan sesuatu hal di sosial media memiliki efek kecanduan yang lebih besar dibandingkan alkohol dan rokok. Berikut dapat kami paparkan dampak negatif penggunaan sosial media yang melebihi porsi.

1. Kecanduan Perilaku
Seseorang ayang menggunakan sosial media, saat melakukan sesuatu seperti mengharapkan imbalan. Sebagai contoh ketika update status yang mereka harapkan adalah like dan komentar. Seperti penjelasan  Dr. Michael Bengston, professor kepala bidang psikiatri anak dan remaja di University of South Florida menyatakan bahwa kecanduan tidak selalu melibatkan obat atau alkohol, namun bisa juga mengakibatkan kecanduan perilaku.

2. Gangguan Psikologis
Seseorang yang kecanduan sosial media, besar kemungkinan terjadi gangguan psikologis. Hal ini sangat terkait dengan hormon dopamine sebagai senyawa kimia dalam tubuh yang dapat merangsang rasa suka, gembira, atau ketenangan. Ketika seseorang menggunakan sosial media dan mendapati banyak notifikasi, secara otomatis hormon dopamine akan bereaksi. Jika yang diinginkan terpenuhi, maka akan timbul perasaan senang, namun jika tidak maka sebaliknya. Kondisi yang tidak stabil itulah yang memicu terjadinya gangguan psikologis.

3. Rendahnya Tingkat Tindakan Sosial
Akses sosial media yang tidak terbatas oleh ruang dan waktu membuat para penggunanya tidak mempedulikan lingkungan sekitar. Pada hakikatnya manusia merupakan makhluk sosial, mereka saling membutuhkan dan dibutuhkan, tapi kenapa mereka tidak berinteraksi dengan lingkungan? Menurut beberapa studi yang dilakukan oleh para pakar di Amerika Serikat, menjelaskan bahwa kebutuhan yang sudah terpenuhi pada sosial media membuat manusia tidak peduli dengan lingkungan sekitar.

4. Gejala Gangguan Mental
Kebiasaan baru yang dilakukan pengguna sosial media adalah memposting berbagai kegiatan yang dilakukan. Sebagai contoh, seseorang yang mengunggah foto menu makanan sebelum disantap, ini tentu mengurangi fungsi tujuan makan, apalagi ketika mendapat like dan komentar mereka semakin lupaakan tujuan makan terebut. Kecenderungan inilah yang membuat gangguan mental karena setting psikologis yang tidak berjalansemestinya.

Pada uraian diatas telah dijelaskan bahwa penggunaan sosial media memiliki efek buruk terhadap manusia, namun tidak hanya terlepas dari empat poin di atas, mungkin bisa lebih banyak. Perkembangane teknologi adalah bagimana cara kita menggunakannya dengan bijak, agar kita tidak diperbudak teknologi yang dapat merubah pola fikir secara khusus dan pola sosial secara umum.




loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Dampak Negatif Sosial Media

0 comments:

Posting Komentar