cara menurunkan berat badan, cara diet sehat, cara mengecilkan perut, cara mengecilkan paha, radang tenggorokan

Hari Raya Idul Fitri Jatuh Pada Tanggal 17 Juli 2015

Hari Raya Idul Fitri Jatuh Pada Tanggal 17 Juli 2015 - Setelah berpuasa, maka umat Islam akan menanti datangnya hari raya IdulFitri, akan tetapi terkadang satu syawal menjadi perdebatan yang lumayan membingungkan di kalangan masyarakat. Sidang isbat penentuan 1 Syawal dan Hari Raya Idul Fitri 2015 akan digelar oleh Kementerian Agama (Kemenag) yang dimulai ba’da maghrib atau sekitar pukul 18.00 WIB. Kemudian jalannya sidang isbat penentuan 1 Syawal nantinya akan dilaksanakan secara tertutup sama halnya saat penentuan 1 Ramadan 1436 H. Kemudian sidang ini sendiri akan digelar di auditorium HM Rasjidi, gedung Kementerian Agama.
Dilansir dari laman kemenag.go.id, menurut Nur Khazin, Kepala Subdit Hisab Rukyat, Ditjen Bimas Islam menyebutkan jika perhitungan posisi hilal untuk Kamis pada titik 3 derajat. “Itu sudah melebihi batas imkanur ru’yah atau batas minimal kemungkinan terlihatnya hilal,” ungkap Nur Khazin.

Bagi orang awam. cara melihat hilal menjadi sebuah hal yang sangat sulit, karena diperlukan kemampuan khusus tentang astronomi. Cara melihat hilal dibagi menjadi dua :

1. Ru’yatul hilal (melihat hilal dengan mata). Hilal adalah fase paling awal dari kemunculan bulan baru. Maka dari itu hilal berupa garis tipis yang dapat dilihat dengan mata telanjang. Akan tetapi para ulama membolehkan menggunakan teropong atau alat bantu lainnya untuk membantu melihat keberadaan hilal.

2. Jika hilal tidak nampak, maka bulan sya’ban digenapkan menjadi 30 hari.



Lalu kapan lebaran 1436 Hijriyah? Meskipun pemerintah berupaya untuk bisa menyatukan pandangan tentang datangnya 1 Syawal 1436 H tahun ini, namun akan tetapi yang namanya perbedaan pendapat tersebut tetap saja ada, selain itu juga pemerintah berharap tetap saling menghargai dalam menyikapi perbedaan tersebut, karena pada dasarnya setiap organisasi Islam atau ormas Islam di tanah air mempunyai rumusan atau perhitungan serta keyakinan masing-masing sehingga akan sulit untuk bisa menyatukan pandangan tersebut, bahkan pemerintah pun akan kesulitan untuk menyatukan masing-masing dari pandangan tersebut. 

Lebaran tahun 2015 jatuh pada tanggal berapa? menurut sidang isbat yang sudah dilaksanakan sejak pukul 18.00 waktu Indonesia Barat, 1 Syawal 1436 H jatuh pada tanggal 17 Juli 2015. Maka dari itu, malam ini adalah malam satu Syawal.

Selamat hari raya Idul Fitri 1436 Hijriyah!

Demikian adalah artikel mengenai Hari Raya Idul Fitri Jatuh Pada Tanggal 17 Juli 2015, simak pula Profil Pemeran Elif di blog ini, terima kasih.





loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Hari Raya Idul Fitri Jatuh Pada Tanggal 17 Juli 2015

0 comments:

Posting Komentar