cara menurunkan berat badan, cara diet sehat, cara mengecilkan perut, cara mengecilkan paha, radang tenggorokan

Siapa Wilbur Scoville di Google Doodle Hari Ini?

Siapa Wilbur Scoville di Google Doodle Hari Ini? - Bagi anda yang sudah melihat halaman muka Google hari ini, pasti tertarik dengan ilustrasi seorang profesor yang mengenakan pakaian lab dan memegang cabai. Dia adalah Wilbur Scoville. Siapakah Wilbur Scoville? Ia adalah penemu skala kepedasan untuk cabai yang dinamakan Scoville Heat Units. 

Seperti yang sudah disebutkan di atas, skala Scoville adalah ukuran tentang pedasnya cabai. Memang buah genus Capsicum (cabai) mengandung capsaicin, yakni suatu bahan kimia yang merangsang ujung saraf penerima pedas di lidah, kemudian jumlah satuan pedas Scoville (SHU) menunjukkan jumlah capsaicin yang ada. Nah, ada banyak sambal menggunakan peringkat Scoville mereka dalam iklan sebagai daya jualnya juga lho.

Siapa Wilbur Scoville di Google Doodle Hari Ini?
Siapa Wilbur Scoville di Google Doodle Hari Ini?

Namanya berasal dari Wilbur Scoville, dialah orang yang mengembangkan Tes Organoleptic Scoville pada 1912. Memang pada rancangan aslinya, sampel cairan ekstrak cabai dicampurkan dalam air gula sehingga 'pedasnya' tidak lagi dapat dideteksi oleh sebuah panel penguji (biasanya lima orang). Kemudian tingkat pencampurannya itu memberikan ukuran bagi skala Scoville ini. Maka cabai manis yang tidak mengandung capsaicin sama sekali, akan dilihat pada skala Scoville nilainya nol. Itu artinya rasa pedas tidak ditemukan bahkan ketika cairan itu belum dicampurkan. Namun sebaliknya, pada cabai yang paling pedas, misalnya seperti misalnya cabai Habanero, ternyata mempunyai peringkat 300.000 atau lebih. Maka hal ini menunjukkan bahwa ekstraknya harus dicampurkan 300.000 kali lipat sebelum capsaicin yang hadir di dalamnya tidak terasa lagi. Sekitar 15 satuan Scoville sama tingkatnya dengan satu bagian capsaicin per satu juta. Maka, konsentrasi yang tertinggi sama nilainya dengan 15.000.000 satuan Scoville. Namun kelemahan teresar dari Tes Organoleptik Scoville ialah ketidaktepatannya, karena ia mengandalkan subyektivitas manusia.

Lalu perkembangan analit belakangan seperti kromatografi cair berperforma tinggi (HPLC) (juga dikenal sebagai "Metode Gillett") kini telah memungkinkan peringkat Scoville ditentukan dengan ukuran langsung capsaicin dan bukan dengan menggunakan rasa.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Siapa Wilbur Scoville di Google Doodle Hari Ini?

0 comments:

Poskan Komentar