cara menurunkan berat badan, cara diet sehat, cara mengecilkan perut, cara mengecilkan paha, radang tenggorokan

Waspadai Virus Zika yang Mulai Menjangkiti Indonesia

Waspadai Virus Zika yang Mulai Menjangkiti Indonesia - Penemuan yang diungkap oleh Dr. Herawati Sudoyo Ph.D, Deputi Direktur Eikjman Institute menggemparkan Indonesia. Disampaikan bahwa lembaga kesehatan ini menemukan adanya kasus Zika Virus untuk pertama kalinya di Indonesia, yakni tepatnya di kawasan Jambi pada awal semester tahun 2015 lalu.

Temuan ini cukup mengejutkan mengingat virus ini biasanya menjadi endemik kawasan Afrika dan area pasifik. Bahkan Zika Virus ini terbilang jarang muncul di kawasan Asia Tenggara. Apa sebenarnya Zika Virus dan apa serangan infeksi yang dapat muncul karena Zika Virus?

Zika Virus adalah virus yang proses penularannya melalui media nyamuk Aedes aegypti. Jadi masih satu family dengan virus lain seperti virus penyebab penyakit demam berdarah, dengan penyakit kuning, serta penyakit cikungunya. Kemudian beberapa riset mengembangkan kecurigaan adanya kemungkinan penyebaran virus ini di luar media nyamuk, misal seperti melalui proses tranfusi darah dan hubungan seks. Walau dugaan ini belum bisa dibuktikan kebenarannya.


Waspadai Virus Zika yang Mulai Menjangkiti Indonesia
Waspadai Virus Zika yang Mulai Menjangkiti Indonesia


Jadi virus ini pertama ini diidentifikasi pada tahun 1947 di negara Uganda. Penemuan pertama kali dari kasus Zika Virus justru didapatkan dari kasus demam yang muncul pada kera asli endemik Uganda. Setelah itu virus ini menjangkit manusia dan pernah menyerang sejumlah populasi manusia di kawasan Afrika secara meluas pada tahun 1954.

Kasus pertama dari penyakit yang disebabkan oleh Zika Virus di luar Afrika terjadi di Yap Island, yakni sebuah pulau di kawasan Pasifik Mikronesia pada tahun 2007. Kemudian semenjak itu, macam-macam kasus Zika Virus beberapa kali muncul dalam frekuensi yang tidak kuat di kawasan Pasifik. Di Asia Tenggara sendiri kasus ini masih terbilang sangat langka, kemudian Zika Virus pertama kali ditemukan di kawasan Indocina berdasarkan data WHO pada awal Juni 2015.

Bagaimana gejala infeksi Zika Virus itu sendiri? Beberapa pakar melihat adanya banyak kesamaan gejala antara demam berdarah dengan demam Zika. Jadi keduanya sama-sama diawali dengan demam yang naik turun serta rasa linu hebat pada persendian dan tulang. Bahkan kadang juga disertai mual, pusing, rasa tidak nyaman di perut dan disertai rasa lemah dan lesu yang hebat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Waspadai Virus Zika yang Mulai Menjangkiti Indonesia

0 comments:

Poskan Komentar