cara menurunkan berat badan, cara diet sehat, cara mengecilkan perut, cara mengecilkan paha, radang tenggorokan

Efek Buruk Berhenti Olahraga Untuk Kesehatan dan Berat Badan

Efek Buruk Berhenti Olahraga Untuk Kesehatan dan Berat Badan - Jika merujuk pada makalah tentang makanan sehat, untuk memulai gaya hidup sehat itu harus dimulai dari melakukan olahraga rutin setiap harinya. Bagi kamu yang dulunya suka olahraga dan sekarang malah berhenti olahraga karena mempunyai pekerjaan yang tak bisa ditinggalkan mungkin akan merasakan perbedaannya secara langsung. Baik itu entah kamu berhenti olahraga karena ada kepentingan lain atau hanya karena malas, maka kamu akan merasa "kehilangan sesuatu" setelah lama tak melakukan olahraga rutin.

Jadi menurut Farah Hameed, MD, seorang ahli kesehatan dan olahraga ColumbiaDoctors, semua kerja keras olahraga akan menghilang perlahan setelah 2 minggu jika kamu tidak olahraga sama sekali. Maka hal inilah yang terjadi pada tubuhmu jika berhenti melakukan olahraga.


Efek Buruk Berhenti Olahraga Untuk Kesehatan dan Berat Badan
Efek Buruk Berhenti Olahraga Untuk Kesehatan dan Berat Badan

Dalam 10 hari: Kondisi otak mengalami perubahan

Dalam penelitian selama bertahun-tahun, para peneliti melihat efek olahraga pada otak, dan juga olahraga mempunyai efek yang menghambat penurunan fungsi otak kita. Di dalam penelitian Frontiers in Aging Neuroscience, telah ditemukan bahwa dalam 10 hari setelah kamu berhenti melakukan olahraga, maka aliran darah ke otak akan menurun.

Dalam 2 minggu: Kondisi ketahanan tubuh akan menurun

Kemudian setelah 14 hari, maka kamu kemungkinan akan kesulitan memanjat tangga atau bahkan akan mudah kehabisan nafas. Sebab endurance atau ketahanan tubuh juga akan menurun drastis. Hal ini karena tubuh kamu telah mengalami penurunan VO2 max atau telah kehilangan jumlah oksigen dalam tubuh yang bisa kamu gunakan saat olahraga.

Sekalipun kamu tidak melihat perbedaan yang besar gara-gara hal ini karena kamu tetap bisa berjalan dan beraktivitas dengan baik, juga bisa bernafas dengan baik bahkan makan tidur dengan enak, akan tetapi kamu akan melihat perbedaan tersebut saat kamu mencoba mengetes kekuatan atau juga ketahanan tubuhmu dengan sedikit melakukan olahraga berat di rumah.

Di dalam sebuah penelitian tahun 2015 dalam Journal of Applied Physiology telah menyebutkan bahwa orang yang telah terbiasa olahraga aerobik dan juga ketahanan fisik selama 8 bulan akan mengalami  sejumlah perbaikan dalam aliran darah dan juga kadar gula darah, akan tetapi kelak akan mengalami penurunan separuh dari kelebihan itu, dengan hanya 2 minggu tidak olahraga sama sekali.

Nah, jadi setelah membaca artikelnya sekarang, jadinya kamu tahu kan mengapa rutin olahraga itu memegang peran penting dalam menjaga kesehatanmu itu supaya tetap bugar? Saking wajibnya melakukan olahraga jika kamu sedang malas, paling tidak usahakan selalu untuk olahraga paling tidak 30 menit dalam sehari semalam. Itulah dia Efek Buruk Berhenti Olahraga Untuk Kesehatan dan Berat Badan, jangan lupa untuk selalu mengonsumsi makanan sehat diet supaya tetap langsing.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Efek Buruk Berhenti Olahraga Untuk Kesehatan dan Berat Badan

0 comments:

Posting Komentar