cara menurunkan berat badan, cara diet sehat, cara mengecilkan perut, cara mengecilkan paha, radang tenggorokan

Begini Cara Memasak Makanan Untuk Penderita Diabetes yang Benar

Diabetes melitus bisa dikatakan sebagai penyakit yang sangat menakutkan. Sudah banyak sekali orang yang meninggal dunia karena penyakit diabetes melitus. Yang lebih menakutkan lagi, penyakit diabetes melitus ini biasanya tidak menunjukkan gejala apapun di stadium awal. Penyakit baru mulai menunjukan gejala setelah stadiumnya meningkat.

Cara Memasak Makanan Untuk Penderita Diabetes

Penderita diabetes melitus memang wajib mengatur pola makannya. Mereka yang menderita penyakit diabetes memang sudah tidak bisa mengkonsumsi makanan secara asal-asalan. Namun demikian, ternyata bukan hanya jenis makanan saja yang perlu diperhatikan. Ternyata cara memasak makanan untuk penderita diabetes itu juga tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

Penasaran kenapa memasak makanan untuk penderita diabetes tidak bisa dilakukan secara asal-asalan dan mau tau juga bagaimana cara memasak makanan untuk penderita diabetes yang benar? Anda bisa pelajari hal tersebut selengkapnya di artikel ini.

Kenapa Cara Memasak Makanan Untuk Penderita Diabetes Juga Perlu Diperhatikan?
Ok, mungkin anda sudah paham betul mengenai apa saja jenis makanan yang baik dan buruk untuk dikonsumsi penderita diabetes. Mungkin selama ini anda sudah disiplin hanya mengkonsumsi makanan yang boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes saja.

Namun kenapa penyakit diabetes yang anda derita masih sulit dikontrol? Jawabannya adalah karena mungkin anda memasaknya dengan cara yang salah.

Jadi kenapa cara memasak makanan untuk penderita diabetes itu juga perlu diperhatikan adalah karena makanan yang awalnya baik untuk penderita diabetes bisa dengan mudah menjadi makanan yang berbahaya jika dimasak dengan cara yang salah.

Tips Mudah Memasak Makanan Untuk Penderita Diabetes Dengan Benar
Memasak makanan untuk penderita diabetes juga sama pentingnya seperti memilih makanan bagi penderita diabetes. Jadi, mau tidak mau anda harus paham juga mengenai bagaimana cara memasak makanan yang akan dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Berikut ini adalah beberapa tips mudah memasak makanan untuk penderita diabetes dengan benar:

Hindari memasak sayuran dengan menggunakan mentega atau bahan yang mengandung lemak jahat
Salah satu jenis makanan yang paling disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes adalah sayuran. Kenapa sayuran? Karena sayuran kaya akan serat. Serat dapat membantu mengurangi kadar lemak yang menumpuk di dalam tubuh.

Namun demikian, sayuran tidak lagi masuk kedalam kategori makanan untuk penderita diabetes jika diolah dengan cara yang salah. Contoh cara memasak sayuran yang salah dan tidak boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus adalah dimasak dengan menggunakan bahan-bahan yang mengandung lemak jahat seperti mentega atau margarine.

Sayuran yang sudah terlanjur di masak menggunakan bahan-bahan tersebut tentu sudah tidak aman lagi dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus.

Hindari menggoreng makanan untuk penderita diabetes
Selain bahan tambahan yang digunakan ketika memasak, anda sebaiknya juga memperhatikan bagaimana cara memasak bahan makanan yang baik untuk penderita diabetes.

Menggoreng adalah salah satu cara memasak yang paling tidak disarankan digunakan untuk memasak makanan untuk penderita diabetes. Kenapa? Karena proses penggorengan dapat memicu munculnya zat karsinogen pada makanan.

Zat karsinogen adalah zat yang memicu tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh. Selain karena zat karsinogen, proses penggorengan juga menyebabkan makanan menjadi memiliki kandungan minyak yang cukup berbahaya bagi penderita diabetes.

Oleh sebab itu, makanan untuk penderita diabetes lebih disarankan dimasak dengan cara dikukus ataupun direbus. Proses pengukusan dan perebusan tidak merusak bahan makanan sehingga tetap aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Hindari menggunakan gula pasir dan penyedap rasa
Satu lagi hal yang wajib anda hindari ketika memasak makanan untuk penderita diabetes adalah jangan menambahkan gula pasir ataupun penyedap rasa kedalam makanan.
Jika anda ingin menambahkan pemanis, gunakan gula aren ataupun gula stevia. Gula pasir sangat tidak disarankan dikonsumsi oleh penderita diabetes karena dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. Hal tersebut juga berlaku untuk penyedap rasa.

Jadi bagaimana? Apakah selama ini anda sudah memasak makanan untuk penderita diabetes dengan benar? Jika selama ini anda masih belum bisa mengontrol penyakit diabetes padahal sudah berhati-hati dalam memilih makanan yang anda konsumsi, coba cek kembali bagaimana cara anda dalam memasak makanan untuk penderita diabetes.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Begini Cara Memasak Makanan Untuk Penderita Diabetes yang Benar

0 comments:

Posting Komentar