cara menurunkan berat badan, cara diet sehat, cara mengecilkan perut, cara mengecilkan paha, radang tenggorokan

Jenis Olahraga yang Menjadi Pantangan Diabetes Melitus

Banyak orang mengira bahwa penderita diabetes melitus akan semakin sehat dengan rutin melakukan olahraga. Ya, memang sekilas olahraga itu bisa dikatakan sebagai solusi menjaga agar kadar gula dalam darah tidak meningkat. Namun faktanya, tidak semua jenis olahraga itu baik untuk dilakukan oleh penderita diabetes melitus. Ada beberapa macam jenis olahraga yang justru menjadi pantangan diabetes melitus.

Jenis Olahraga yang Menjadi Pantangan Diabetes Melitus

Bagi anda yang sudah divonis dokter menderita penyakit diabetes melitus, anda biasanya diberikan informasi mengenai olahraga apa saja yang menjadi pantangan diabetes melitus oleh dokter.

Jika selama ini anda merasa belum mendapatkan informasi tersebut, anda bisa membaca lebih lanjut mengenai apa saja jenis olahraga yang merupakan pantangan diabetes melitus di artikel ini.

2 Jenis Olahraga yang Dinyatakan Sebagai Pantangan Diabetes Melitus
Ya, tidak semua jenis olahraga itu baik untuk penderita diabetes melitus. Ada beberapa macam jenis olahraga yang justru dinyatakan sebagai pantangan diabetes melitus.

Berikut ini adalah 2 jenis olahraga yang sampai saat ini masih tidak disarankan dilakukan oleh penderita diabetes melitus:

1. Jenis olahraga yang temponya tidak teratur
Jenis olahraga pertama yang menjadi pantangan diabetes melitus adalah olahraga yang temponya tidak teratur. Contoh olahraga yang temponya tidak teratur adalah seperti bulu tangkis, basket, sepak bola, dan futsal.

Kenapa penderita diabetes melitus tidak disarankan melakukan olahraga tersebut? Karena olahraga yang temponya tidak teratur dapat memberatkan kinerja jantung. Padahal penderita diabetes melitus sangat rentan mengalami komplikasi penyakit jantung.

Selain itu, olahraga yang temponya tidak teratur juga menguras terlalu banyak tenaga. Penderita diabetes memang disarankan untuk rutin melakukan olahraga, namun olahraga yang boleh dilakukan adalah olahraga yang tidak menguras terlalu banyak tenaga.

Kenapa? Karena jika penderita diabetes melitus terlalu banyak menguras tenaganya, mereka berpotensi mengalami kondisi hipoglikemia atau penurunan kadar gula darah secara drastis. 
Hipoglikemia ini sama menakutkannya seperti kadar gula darah yang terlalu tinggi. Penderita diabetes yang sampai mengalami hipoglikemia ini bisa tidak sadarkan diri, koma, dan bahkan meninggal dunia.

2. Jenis olahraga yang memacu adrenalin 
Selain olahraga yang temponya tidak teratur, jenis olahraga yang memacu adrenalin juga termasuk sebagai pantangan diabetes melitus.

Contoh olahraga yang memacu adrenalin yang sangat tidak disarankan dilakukan oleh penderita diabetes adalah panjat tebing, arung jeram, paralayang, dan masih banyak lagi.

Kenapa penderita diabetes melitus tidak disarankan untuk melakukan olahraga tersebut? Karena olahraga yang memacu adrenalin sangat berisiko memicu komplikasi pada organ jantung.

Ketika adrenalin meningkat, organ jantung akan bekerja lebih cepat dari biasanya. Hal ini sangat berbahaya jika sampai dialami oleh penderita diabetes melitus. 

Tips Olahraga Sehat Untuk Penderita Diabetes Melitus
Lalu olahraga apa saja yang tidak menjadi pantangan diabetes melitus? Penderita diabetes lebih disarankan untuk melakukan olahraga yang temponya stabil seperti jalan-jalan, jogging, bersepeda, maupun renang. 

Namun demikian, meskipun sudah melakukan olahraga yang tidak masuk kedalam pantangan diabetes, anda tetap harus berhati-hati.

Ikuti tips olahraga sehat untuk penderita diabetes melitus berikut ini jika anda tidak ingin mengalami masalah ketika berolahraga:
  • Selalu kenakan sepatu yang nyaman dan sesuai dengan ukuran kaki anda.
  • Cek terlebih dahulu kadar gula darah anda sebelum berolahraga, jika kadar gula darah anda menurun, jangan berolahraga.
  • Selalu sarapan 1 sampai 2 jam sebelum berolahraga.
  • Bawalah makanan kecil seperti biskuit ketika berolahraga.
  • Sebisa mungkin jangan berolahraga seorang diri.

Sekarang anda sudah paham bukan bahwa tidak semua jenis olahraga itu bisa menyehatkan bagi penderita diabetes? Pastikan jangan pernah mencoba melakukan olahraga yang menjadi pantangan diabetes jika anda tidak ingin memperparah penyakit yang saat ini anda derita. 



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Jenis Olahraga yang Menjadi Pantangan Diabetes Melitus

0 comments:

Posting Komentar