Cara Mendapatkan Uang, Cara Menghasilkan Uang

Macam-Macam Komplikasi yang Bisa Terjadi Karena Gula Darah Tinggi

Penderita diabetes melitus memang sebaiknya jangan bermain-main dengan penyakit yang dideritanya. Jika anda tidak disiplin dalam mengontrol pola makan dan juga pola hidup, kemungkinan besar anda akan mengalami berbagai macam masalah yang lebih berat lagi.

Salah satu masalah yang bisa dengan mudah dialami oleh penderita diabetes yang masih membandel dalam hal pola makan dan pola hidup adalah komplikasi. Ada banyak sekali macam komplikasi yang dipicu oleh gula darah tinggi.

Macam-Macam Komplikasi yang Bisa Terjadi Karena Gula Darah Tinggi

Jadi jika selama ini anda masih menganggap remeh penyakit diabetes yang anda derita, mungkin anda perlu mempelajari lagi mengenai apa saja komplikasi mematikan yang bisa muncul akibat gula darah tinggi melalui artikel ini.

4 Macam Komplikasi Maut yang Diakibatkan Gula Darah Tinggi
Penyakit diabetes melitus tidak bisa diremehkan. Jika anda sampai meremehkan penyakit ini dengan cara tidak mengikuti pola makan dan pola hidup yang disarankan oleh dokter, anda akan berisiko mengalami berbagai macam komplikasi serius akibat gula darah tinggi.

Berikut ini adalah beberapa macam komplikasi maut yang disebabkan oleh gula darah tinggi yang perlu anda waspadai:
1. Kerusakan organ ginjal
Ya, penyakit diabetes melitus juga bisa menyebabkan organ ginjal mengalami kerusakan. Apa hubungannya antara penyakit diabetes dengan organ ginjal?

Ketika kadar gula darah tinggi dan tidak segera diatasi, secara otomatis organ ginjal akan bekerja lebih berat dari biasanya. Organ ginjal bekerja lebih berat dalam menyaring racun di dalam darah karena di dalam darah terdapat kadar gula yang cukup tinggi.

Jika hal ini terus dibiarkan begitu saja, cepat atau lambat organ ginjal juga akan mengalami penurunan fungsi. jika anda masih belum juga mengatasi masalah gula darah tinggi, jangan menyesal jika organ ginjal anda benar-benar tidak bisa berfungsi seperti sediakala.

2. Gagal jantung
Setelah organ ginjal mengalami kerusakan, masalah anda masih belum selesai. Efek dari gula darah tinggi masih terus berlanjut jika anda sudah terlanjur mengenai kerusakan ginjal.

Komplikasi selanjutnya yang sangat berisiko anda alami setelah organ ginjal mengalami kerusakan adalah gagal jantung. Kenapa? Karena mayoritas racun yang mengalir di dalam darah sudah tidak bisa disaring dengan sempurna, oleh sebab itu, jantung akan menyerap racun-racun di dalam darah.

Cepat atau lambat, organ jantung juga akan mengalami disfungsi. Salah satu akibat kerusakan organ ginjal ini adalah penyakit gagal jantung yang bisa menyebabkan kematian secara mendadak.

3. Kerusakan pada mata
Komplikasi lanjutan yang disebabkan oleh gula darah tinggi juga bisa menyerang organ mata. Mata bisa dengan mudah mengalami masalah setelah organ ginjal tidak bisa berfungsi lagi.

Racun-racun yang mengalir di dalam darah akan dengan mudah merusak saraf-saraf organ mata. Oleh sebab itu, cukup banyak penderita diabetes melitus yang juga mengalami masalah pada penglihatannya seperti glukoma dan bahkan buta permanen. Hal tersebut terjadi karena organ ginjal penderita diabetes sudah tidak berfungsi secara normal lagi.

4. Pembusukan akibat luka
Masalah gula darah tinggi juga bisa menyebabkan pembusukan atau lebih dikenal dengan istilah gangrene dalam dunia medis. Pembusukan ini terjadi karena kemampuan menyembuhkan luka yang dimiliki tubuh sudah berkurang akibat tingginya kadar gula dalam darah. Selain itu, penderita diabetes melitus yang kadar gula darahnya terlalu tinggi juga sangat mudah mengalami luka, terutama di bagian kaki.

Hal tersebut dikarena bagian kaki penderita diabetes yang kadar gulanya terlalu tinggi biasanya mengalami kebas atau mati rasa. Jadi sangat mudah sekali penderita diabetes melitus tidak mengetahui jika ada luka di bagian kakinya. Jika luka sudah sampai tahap pembusukan, maka tidak ada solusi selain melakukan amputasi untuk mencegah penyebaran pembusukan ke seluruh bagian tubuh lain.

Bagaimana? Apakah anda masih berani main-main dengan penyakit diabetes yang anda derita setelah mengetahui apa saja komplikasi yang bisa terjadi akibat gula darah tinggi? 

Jika anda tidak ingin mengalami komplikasi-komplikasi menakutkan tersebut, sebisa mungkin cegah jangan sampai anda mengalami kadar gula darah tinggi dalam jangka waktu lama.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Macam-Macam Komplikasi yang Bisa Terjadi Karena Gula Darah Tinggi

0 comments:

Posting Komentar